Sepakbola.com, Barcelona Tertinggal lebih dulu dan kesulitan mencetak gol, Barcelona akhirnya menang 2-0 berkat gol Luis Suarez dan Lionel Messi pada Senin (29/1) dini hari WIB di Camp Nou. Gol tendangan bebas Messi jadi penyelamat Barca pada laga ini.
Kemenangan ini mempertahankan posisi Barca di puncak klasemen dengan 57 poin, unggul 11 poin dari Atletico Madrid. Sedangkan Alaves tertahan di posisi 17, mereka hanya unggul dua poin dari zona merah.
Barcelona yang bermain tanpa Sergio Busquet tampak rapuh ketika serangan balik cepat datang. Mereka memang secara keseluruhan menguasai jalannya pertandingan, tetapi serangan balik Alaves membahayakan. Mereka nyaris unggul dengan serangan balik di menit awal.
Alaves akhirnya berhasil unggul dengan strategi mereka, serangan balik. Ketika Barca kehilangan bola dan Umtiti sedang membantu serangan, pertahanan Barca kosong sehingga Guidetti bisa berlari dengan kecepatan penuh dan langsung berhadapan dengan ter Stegen.
Gol Guideti Barcelona 0-1 Alaves
?
Walau Barca menguasai jalannya pertandingan, serangan mereka tak banyak yang membahayakan, Alaves cukup solid bertahan. Peluang terbesar mereka pada menit 25 ketika passing mereka berakhir dengan eksekusi Coutinho di depan kotak penalti, sayangnya sepakannya membentur bek Alaves.
Messi nyaris menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas yang sangat tereuku, tetapi kiper Alaves bereaksi dengan sangat baik, dia berhasil menepis bola yang mengarah ke sudut kanan gawang.
Barcelona mulai kebingungan memecah pertahanan solid Alaves, Valverde mencoba memasukkan Jordi Alba, tetapi tak terlalu berpengaruh.
Kebuntuan Barcelona membuat Messi lebih banyak menciptakan peluang ketimbang mendapat peluang, dia mencoba menggiring pemain-pemain Alaves untuk mengejarnya, tetapi pemain Alaves benar-benar menumpuk di kotak penalti, tak menyisakan ruang untuk Barca.
Bahkan ketika Suarez berhadapan langsung dengan kiper Alaves, dia masih gagal mencetak gol. Begitu juga Paulinho yang punya kesempatan besar mencetak gol, kontrolnya tak sempurna dan ketika memiliki kesempatan memasukkan bola karena kiper Alaves sudah jatuh dia malah menembak ke arah kiper tersebut.
Barcelona akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit 72, Iniesta mengirim umpan ke tiang jauh dan ada Suarez yang menanti, striker Uruguay tersebut melepaskan firsttime yang tidak terlalu keras, tetapi memantul ke tanah.
Gol Suarez Barcelona 1-1 Alaves
?
Perjuangan Barcelona benar-benar membuahkan hasil, Messi yang tiga kali nyaris mencetak gol lewat tendangan bebas akhirnya berhasil mencetak gol lewat tendangan bebas di depan kotak penalti. Kali ini kiper Alaves tak berdaya.
Gol Messi Barcelona 2-1 Alaves

Line-up
Barcelona (4-4-2): Ter Stegen, Nelson Semedo, Pique, Umtiti, Digne, Rakitic, Paulinho, Iniesta, Coutinho, Messi, Suarez.
Subs: Cillessen, Alba, Busquets, Vidal, Roberto, Alcacer, Mina.
Alaves (4-4-2): Pacheco, Duarte, Laguardia, Maripan, Alexis, Wakaso, Medran, Hernan Perez, Ibai Gomez, Sobrino, Guidetti
Subs: Sivera, Dieguez, Pedraza, Vigaray, Demirovic, Aguirregabiria, El Haddadi.

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Avandi Wiradinata
The post [VIDEO] CUPLIKAN GOL Barcelona 2-1 Alaves: Messi Jadi Pahlawan Barca appeared first on SepakBola.com.