Sepakbola.com, Manchester – Gary Neville yakin Manchester City telah hancur lebur oleh Manchester United, setelah takluk 2-3 di Etihad Stadium. Menurutnya itu akan berdampak besar pada kehancuran berikutnya di Liga Champions.
City terlihat hampir saja bisa menyegel gelar Premier League, usai Vincent Kompany dan Ilkay Gundogan membawa tim unggul 2-0 di babak pertama. Tapi dua gol Paul Pogba dan satu gol kemenangan Chris Smalling membatalkan pesta perayaan tuan rumah.
Meski menelan kekalahan, City tetap berada di puncak klasemen dengan keunggulan 13 poin. Tapi Neville yakin mimpi buruk di babak kedua di derby Manchester, akan semakin menyakiti tim Pep Guardiola dalam usaha mereka membalikkan defisit 3-0 atas Liverpool pada leg kedua perempatfinal Liga Champions.
“Dalam gambaran besar itu terlalu banyak, tetapi pada saat turun minum Manchester United tampak kehabisan, mereka sudah selesai dan mereka tampak seperti akan menyerah,” kata Neville.
“Apa yang kita lihat di babak kedua bukanlah tanda menyerah dari Manchester City, tapi itu pasti telah membuat mereka hancur. Mereka terganggu dengan gemuruh Anfield para hari Rabu malam dan mereka telah terdesak di babak kedua di sini hari ini.”
“Pertanyaan terbesar saya setelah pertandingan ini adalah ‘bagaimana Manchester City pulih untuk laga Selasa malam bahkan memberi mereka kesempatan melawan Liverpool?’.”
“Saya pikir itu telah merusak mentalitas Manchester City.” tandas mantan bek kanan United itu.
Penurunan performa Manchester City

Neville menduga City tidak bermain nyaman seperti yang biasa mereka lakukan. Dia mengira ada penurunan nyata dalam penampilan The Citizens dalam dua pertandingan terakhir.
“Ini musim yang luar biasa bagi Manchester City. Apapun yang terjadi, mereka akan memenangkan liga dan mereka benar-benar luar biasa, tetapi dalam lima hari terakhir mereka telah menurun dan mereka tak terlihat sama,” lanjut Neville.
“Saya tidak berpikir mereka terlihat sama di 20 menit pertama dan itu bukan tentang passing, yang membuat saya merasakan itu. Itu adalah pekerjaan mereka yang tidak bisa dikerjakan.”
“Mereka memberi sedikit kesempatan pada Manchester United untuk menyelesaikan pertandingan. Mereka [biasanya] tidak mengizinkan tim mana pun untuk bermain nyaman di sini yang pernah saya lihat. Biasanya mereka mengungguli lawan.”
“Mungkin hanya ada sedikit penurunan. Saya tidak tahu apakah mereka kekurangan energi atau kurang percaya diri setelah apa yang terjadi di Anfield.”
“Pasti ada penurunan dalam beberapa hari terakhir karena mereka tidak melakukannya di Anfield pada malam yang lain ketika mereka kalah. Hari ini, di babak kedua, mereka hancur.” pungkas Neville. (Sumber: Sky Sports)
Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro
The post Pasca Ditekuk Manchester United, Manchester City Diyakini Akan Kesulitan Lawan Liverpool appeared first on SepakBola.com.